Cara mudah membuat game mobile java
Bagaimana membuat game java yang bisa diaplikasikan di Handphone(HP), jawabannya adalah “mudah”. dengan menggunakan Java Netbeans 6.0 dan versi diatasnya sudah include mobility pack 6.0, klo netbeans versi dibawahnya kudu installkan netbeans mobility pack nya secara manual. dalam java mobility pack sudah disediakan mobile game builder tools yang memudahkan kita untuk membuat game secara cepat dan mudah. didalam mobile game builder sudah disediakan beberapa tools untuk membuat bagian-bagian dari game sebagai berukut :
* Scene
* tiled layer
* Sprite
Scene digunakan sebagai game world / dunia / latar / area dari permainan yang didalamnya merupakan gabungan dari tiled layer dan sprite. hasil dari scene yang dibuat akan tercipta source updateLayerManagerForNamaScene(LayerManager lm)
gbr1
Tiled Layer layer yang dibuat sebagai environment / perangkat / sesuatu yang ada dalam game. contoh forest : mewakili layer / environment hutan didalamnya terdapat pohon besar dankecil serta semak-semak.
Tiled Layer
Sprite adalah karakter yang akan dimainkan dalam game, karakter yang dimaksud bisa karakter yang akan dimainkan secaa interaktif oleh user ataupun karakter yang pergerakannya digenerate otomatis oleh system dalam game.
scene 2 - Sprite
hal-hal yang perlu diperhatikan dari game builder :
* setiap scene, tiled layer dan sprite yang diciptakan akan dibuatkan sourcenya secara otomatis oleh game builder (lihat di tab source).
* jika akan dibuat 1 karakter untuk banyak karakter didalam game maka perlu adanya modifikasi methode/fungsi yang ada dalam source.
* untuk 1 karakter untuk banyak karakter bisa igunakan array atau list.
* siapkan image karakter dan latar yang akan digunakan.
selanjutnya load scene, tiled layer dan sprite yang telah dubuat dan dibutuhkan dalam class yang extend ke GameCanvas. jangan lupa setting properties dari project ke MIDP 2.0 karena HP yang ada sekarang kebanyakan masih support MIDP 2.0
naah selamat mencoba tunggu ulasan berikutnya.
sumber : http://itclinic.unitomo.ac.id/?p=62
on Selasa, 06 April 2010* Scene
* tiled layer
* Sprite
Scene digunakan sebagai game world / dunia / latar / area dari permainan yang didalamnya merupakan gabungan dari tiled layer dan sprite. hasil dari scene yang dibuat akan tercipta source updateLayerManagerForNamaScene(LayerManager lm)
gbr1
Tiled Layer layer yang dibuat sebagai environment / perangkat / sesuatu yang ada dalam game. contoh forest : mewakili layer / environment hutan didalamnya terdapat pohon besar dankecil serta semak-semak.
Tiled Layer
Sprite adalah karakter yang akan dimainkan dalam game, karakter yang dimaksud bisa karakter yang akan dimainkan secaa interaktif oleh user ataupun karakter yang pergerakannya digenerate otomatis oleh system dalam game.
scene 2 - Sprite
hal-hal yang perlu diperhatikan dari game builder :
* setiap scene, tiled layer dan sprite yang diciptakan akan dibuatkan sourcenya secara otomatis oleh game builder (lihat di tab source).
* jika akan dibuat 1 karakter untuk banyak karakter didalam game maka perlu adanya modifikasi methode/fungsi yang ada dalam source.
* untuk 1 karakter untuk banyak karakter bisa igunakan array atau list.
* siapkan image karakter dan latar yang akan digunakan.
selanjutnya load scene, tiled layer dan sprite yang telah dubuat dan dibutuhkan dalam class yang extend ke GameCanvas. jangan lupa setting properties dari project ke MIDP 2.0 karena HP yang ada sekarang kebanyakan masih support MIDP 2.0
naah selamat mencoba tunggu ulasan berikutnya.
sumber : http://itclinic.unitomo.ac.id/?p=62